Selasa, 14 Januari 2014

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

DEFINISI MANAJEMEN
1.      Menurut Dr. SP. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi” Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain.
2.      Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman dalam buku “Kerangka Pokok-Pokok Management” diartikan sebagai
·        kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas,
·        proses, yakni kegiatan dalam rentetan urutan-urutan,
·        insitut/orang-orang yang melakukan kegiatan atau proses  kegiatan.
3.      Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. HE. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management “ mendefinisikan proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
4.      Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.
5.      Menurut James A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.
6.      Menurut Drs. Oey Liang Lee manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
7.      Menurut  R. Terry Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
8.      Menurut Lawrence A. Appley, Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
9.      Menurut Horold Koontz dan Cyril O’donnel manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksmimal mungkin. Fungsi manajemen dibagi menjadi 5, yaitu:
a.    Planning, yaitu suatu fungsi pemilihan alternatif untuk mengambil keputusan
b.   Organizing, memiliki fungsi menentukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokkan kegiatan – kegiatan. 4 bagian penting dalam organizing yaitu staffing, delegation of author, departementasi, personalia
c.    Directing, adalah kegiatan yang khusus ditujukan  untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan  
d.   Coordinating,  adalah fungsi yang harus dilaksanakan seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi  atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan
e.    Controlling, yaitu fungsi terakhir yang akan dilakukan manajer guna melengkapi fungsi yang sudah dilakukan dahulu
Fungsi pengawasan ( controlling ) memiliki 3 kegiatan yang wajib dilakukan:
1.    Menetapkan standart yang dipakai
2.    Membandingkan pelaksaan kegiatan dengan standart
3.    Melakukan koreksi
ORGANISASI DAN PERILAKU KEORGANISASIAN
Definisi dan arti Organisasi menurut para ahli:

Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

Menurut James D. Mooney Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Chester I. Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”

Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”

Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.

Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.

Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa “Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.” (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok:
1.    Interaksi manusia
2.    Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.    Struktur organisasi itu sendiri
POLA ORGANISASI
1.     Organisasi Formal, yaitu organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu
2.    Organisasi Informal, yaitu organisasi yang tidak terlihat tetapi tetap mengikuti peradaban organisasi formal
STRUKTUR ORGANISASI’
Berdasarkan 3 komponen organisasi:
1.    Interaksi kemanusiaan
2.    Kegiatan yang terarah ke tujuan
3.    Struktur
Bentuk struktur organisasi dapat dibagi menjadi 6 golongan, yaitu:
1.    Organisasi Lini, yaitu bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dan bawahan
2.    Organisasi Fungsional, yaitu suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi ke kepala bagian yang punya jabatan fungsional
3.    Organisasi Lini dan Staff, yaitu suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertical dan sepenuhnya dari pucuk pimpinan ke kepala bagian dibawahnya
4.    Organisasi Fungsional dan Lini,  yaitu bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi ke kepala bagian dibawahnya yang memiliki keahlian tertentu
5.    Organisasi Matrik,  yaitu organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukkan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan di masing – masing bagian dari kegiatan
6.    Organisasi Komite,  yaitu bentuk organisasi yang tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok penjabat.
PERILAKU KEORGANISASIAN, merupakan pemahaman tentang bagaimana dan mengapa orang berperilaku dalam organisasi kerja.



Kesimpulan:
Manajemen adalah suatu proses perencanaan atau penataan yang bertujuan untuk tujuan akan masa yang akan datang. Manajemen merupakan suatu sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia. Fungsi manajemen meliputi planning (perencanaan), organizing ( pengorganisasian), directing ( pengarahan), koordinasi, controlling (pengawasan),


Organisasi adalah sekumpulan individu yang membentuk suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi merupakan salah satu saran a untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksaan fungsi – fungsi manajemen. Struktur organisasi yang dibentuk akan selalu berdasarkan pada komponen – komponen yaitu interaksi kemanusiaan, kegiatan yang terarah ke tujuan, dan struktur. Di samping komponen – komponen organisasi itu struktur organisasi harus member penjelasan bagaimana pembagian kekuasaan dan bagaimana tanggungjawabnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar