Selasa, 14 Januari 2014

Konsep 4 Pelaku Ekonomi









4 Pelaku Ekonomi:
1)      Rumah Tangga à Pasar Tenaga Kerja
2)      Perusahaan à Pasar Modal
3)      Pemerintah à Pasar Barang
4)      Luar Negeri à Pasar Barang

C + I + Tr + G + X       =             C + S + T + M
Injeksi                                           Kebocoran


Keterangan :
1.       Rumah tangga melakukan konsumsi dan apabila pendapatan melebih konsumsi akan menabung atau bisa juga ada investasi tergantung dari rumah tangga itu sendiri.
2.       Lembaga keuangan memberikan Investasi kepada perusahaan yang akan digunakan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.
3.       Pemerintah memberikan obligasi kepada lembaga keuangan dan lembaga keuangan memberikan pinjaman pemerintah.
4.       Belanja pemerintah dimasukkan ke perhitungan pendapatan nasional 2 sektor dari Y = C + I menjadi Y = C + I + G
5.       Impor dari luar negeri.
6.       Ekspor ke luar negeri lalu hasil pengurangan dari ekspor dan impor menjadi ekspor netto yang ditambahkan ke perhitungan pendapatan nasional akan menjadi perhitungan 4 sektor Y = C + I + G + (X – M).
7.       Perusahaan yang mendapatkan pendapatan agregat dikenai pajak oleh pemerintah.
8.       Perusahaan dan Pemerintah memberikan Pendapatan Disposible kepada rumah tangga yaitu pendapatan yang sudah dikenakan pajak.

Konsep yang bisa saya simpulkan disini adalah konsumsi rumah tangga dan investasi yang dilakukan perusahaan kepada pasar keuangan menjadikan perhitungan pendapatan nasional 2 sektor Y = C + I. Apabila terdapat Belanja Pemerintah maka berubah menjadi 3 sektor Y = C + I + G dan apabila ada pelaku ekonomi yang keempat yaitu luar negeri maka berubah menjadi 4 sektor Y = C + I + G + (X - M). Variabel S atau tabungan yang dilakukan rumah tangga kepada pasar keuangan dan pajak yang dikenakan pemerintah kepada Perusahaan merupakan variabel kebocoran karena tidak termasuk kedalam perhitungan pendapatan nasional. Perusahaan yang mendapatkan pendapatan agregat dikenai pajak oleh pemerintah, lalu perusahaan memberikan pendapatan disposable kepada rumah tangga yaitu pendapatan yang telah dikenakan pajak.

                  Buku Mikro Ekonomi (Teori Pengantar) Karangan Sadono Sukirno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar