Kamis, 16 April 2015

TOEFL Structure and Written Expression


Structure and Written Expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam tes TOEFL. Pertanyaan yang diujikan dibagi kedalam dua model yaitu structure question dan written expression question. Durasi waktu yan disediakan hanya selama 25 menit. Structure question digunakan untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa inggris dengan benar. Pada model ini menggunakan format sentence completion yaitu melengkapi bagian kalimat yang masih kosong. Sedangkan written expression question diminta mengidentifikasi bagian yang tidak tepat dalam suatu kalimat.

            TOEFL terdiri dari beberapa jenis. Tapi disini hanya akan dibahas dua jenis skill yaitu skill 1 dan skill 2. Berikut penjelasannya:

-          SKILL 1:  BE SURE THE SENTENCE HAS A SUBJECT AND A VERB
Pastikan suatu kalimat itu memiliki satu subject dan satu verb. Kemungkinan dalam suatu kalimat kehilangan subject atau verbnya atau mungkin juga kelebihan subject dan verb. Sebagai contoh:
1.)    .......... was backed up for miles on the freeway
(A). Yesterday
(B). In the Morning
(C). Traffic
(D). Cars
Contoh di atas terlihat bahwa memiliki verb yaitu WAS tapi tidak memiliki subject. Jawaban C adalah yang terbaik karena TRAFFIC merupakan subject tunggal yang sinkron dengan WAS (verb tunggal). Jawaban A dan B salah karena bukan subject tetapi keterangan waktu, dan jawaban D memang merupakan subject tapi subject jamak (plural) dan tidak sinkron dengan verb was yang tunggal (singular).

-          SKILL 2: BE CAREFUL OF OBJECCT OF PREPOSITIONS
 Pada skill 2 ini, kita harus berhati-hati dengan object preposisi yang kemungkinan menjebak kita dalam penentuan SUBJECT. Jadi, jika dalam suatu kata berada setelah preposisi (kata depan) seperti on, in at, of, by, behind, after, before, with, for dan lainnya. Maka itu merupakan bagian dari object preposisi dan BUKAN SUBJECT.
Contoh:
2.) With his friend ......... found the movie theater.
      (A). has
(B). he
(C). later
(D). when
Pada contoh di atas sekali lagi dalam menjawab soal structure ingat pertama kali kita harus mencari subject dan verbnya. Pada contoh terdapat verb (found) dan with his friend (his friend berada setelah preposisi with) merupakan object preposisi maka kalimat tersebut membutuhkan SUBJECT. Jawaban B adalah jawaban terbaik karena HE adalah subject. Sedangkan jawaban A, C, dan D tidak tepat karena bukan subject.

Untuk  mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL khususnya menyelesaikan soal Structure and Written Expression pada tes, berikut adalah beberapa strategi yang bisa dicoba :
Strategi Umum
1. Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik
2. Kerjakanlah soal-soal structure terlebih dahulu
3. Lanjutkan pada soal-soal Written Expression

Strategi Khusus
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal
Tujuan dari soal-soal structure adalah mengetahui atau menentukan jawaban apa yang paling tepat untuk melengkapi kekurangan soal. Sehingga dengan mengamati secara cermat akan mengatahui kekurangan dan apa yang dibutuhkan untuk melengkapinya. Disini Anda perlu melakukan identifikasi terhadap komponen kalimat. Yaitu, mana yang merupakan subjek (kata benda), prediket (kata kerja), objek (kata benda), kata keterangan, dan seterusnya

5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlah yang paling tepat untuk melengkapi kaliamat yang dipersoalkan
Anda harus memperhatikan masing-masing jawaban pada pilihan jawaban (A), (B), (C), dan (D). Dengan melihat dengan seksama Anda akan segera mengetahui pilihan mana yang tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang ditanyakan.
Tentu saja Anda perlu untuk membekali diri dengan kemampuan grammar yang memadai. Jadi sangat dianjurkan mempelajari buku-buku grammar

6. Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal
Secara umum, masing-maing pilihan jawaban adalah benarnya bila ia berdiri sendiri.Sebuah pilihan jawaban akan diketahui benar atau salah setelah dimasukkan kedalam kalimat.

7. Perhatikan kata atau kelompok kata yang digaris bawahi dan temukan secara cepat bagian yang tidak tepat.
Sebagian soal pada bagian ini bisa diidentifikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata

8. Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentifikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.


SOAL (SKILL 1)
Perikasalah apakah kalimat di bawah ini Correct (benar) atau Incorret (salah)!
1. Last week went fisihing for trout at the nearby mountain lake.
2. A schedule of the day's events can be obtained at the front deks.
3. A job on the day shift or the night shift at the plant available.
4. The new computer program has provides a variety of helpful appications.
5. The box can be opened only with a special screwdriver.
6. The assigned text for history class it contains more than twenty chapters.
7. The papers in the wastebasket should be empatied into the trash can outside.
8. Departure before dawn on a boat in the middle of the harbor.
9. Yesterday found an interesting article on pollution.
10. The new machine is processes 50 percent more than the previous machine.

SOAL (SKILL 2)
Perikasalah kalimat berikut ini apakah Correct (benar) atau Incorrect (salah)!
1. The interviews by radio broadcasters were carried live by the station.
2. In the last possible moment before take off took his seat in the airplane.
3. At the naighborhood flower shop, flowers in quantities of a dozen or half dozen can be delivered for free.
4. The progressive reading methods at this school are given credit for the improved test scores.
5. For the last tree years at various hospitals in the country has been practicing  medicine.
6.  In the past a career in politics was not considered acceptable in some circles.
7. Shopping in the downtown area of the city it has improved a lot in recent years.
8. At the building site the carpenters with the most experience were given the most intricate work.
9. For the fever and headache took two aspirin tablets.
10. The report with complete documentation was delivered at the conference.











               http://bahasainggris-jepang.blogspot.com/2013/11/strategi-cara-menjawab-soal-structure.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar