Jumat, 08 November 2013

KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA UTAMA SWAMITRA


 Nama: Charlene
Kelas/ NPM: 2eb01/21212586





Tugas softkill kali ini saya diberi tugas tentang apa saja masalah di dalam koperasi dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Disini saya menjadikan Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra sebagai bahan penelitian saya untuk mengetahui masalah di dalam koperasi dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini terletak di Gedung Satria ( Golden Stick) Lantai 1, yaitu di Jalan Akses UI No. 26 Kelapa Dua Depok. Koperasi ini buka setiap hari Senin sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 – 17.00. Saat pertama kali saya bersama rekan saya masuk ke dalam Koperasi ini, kami disambut dengan ramah oleh Pak Med Taufik Syukri, beliau adalah manager di Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini. Beliau bersedia menjawab pertanyaan – pertanyaan yang kami berikan secara mendetil dan jelas.
Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra adalah Koperasi yang bergerak dibidang usaha simpan pinjam dan juga membantu di permodalan. Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra berdiri pada tahun 2009, koperasi ini bekerjasama dengan bank Bukopin. Pusat dari Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini berada di Bekasi tepatnya di Citragrand. Koperasi ini terdiri dari dua belas orang personil dan menggunakan sistem online sehingga laporan bisa di printout. Koperasi ini berbeda dengan koperasi konvensional karena koperasi ini sudah modern, tingkat keakuratannya tinggi, valid data dan cara menemukan data – data dapat dilakukan dengan mudah karena sistem yang modern tersebut. Susunan keanggotaan Koperasi Simpan Pinjam jasa Utama Swamitra ini diketuai oleh Pak Zulkilfi, dan Pak Didi sebagai sekretaris, beserta Pak Joko sebagai bendahara. Tugas dari ketua di dalam koperasi itu sendiri yaitu memantau dan mengawasi kegiatan di dalam koperasi. Kepengurusan di Koperasi ini hanya terdiri dari tiga orang, dikarenakan ini sudah sistem dari Bank Bukopin. Bank Bukopin itu sebuah bank, koperasi ini bergabung dengan perbankan sehingga tidak kerepotan dalam hal mengurus laporan, karena sudah berbasi IT. Sasaran dari didirikannya Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini adalah mikro usaha kecil, yaitu membantu usaha kecil dalam mengembangkan usahanya  terutama bagi yang kesulitan dalam hal ke perbankan. Karena kita tahu, askes peminjaman ke bank itu sulit karena kebanyakan para pengembang usaha kecil data karakternya informal dan legalitas usahanya tidak ada.
Berbicara mengenai masalah di dalam koperasi, Pak Taufik memberitahu kami tentang masalah – masalah yang sering timbul di dalam koperasi tersebut. Yang pertama didalam pasar atau pemasaran. Dalam hal pemasaran, swamitra kurang dapat dipandang oleh masyarakat. Masyarakat banyak yang kurang mengetahui tentang apa itu Swamitra. Dengan masalah seperti ini Koperasi Swamitra mengatasi masalah tersebut dengan cara melakukan marketing direct selling atau sering disebut aktif jemput bola. Masyarakat banyak yang belum paham dan mengerti kegiatan di dalam koperasi, jadi marketing direct selling itu bertujuan untuk mengenalkan masyarakat secara langsung tentang apa itu koperasi dan apa saja kegiatan didalam koperasi ini. Koperasi swamitra juga melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat untuk membantu masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi.
Masalah lain yang dihadapi koperasi Swamitra adalah di dalam kepengurusannya. Karena baik atau tidaknya jalan koperasi tersebut bergantung kepada sedikit banyaknya faktor pengurus. Tetapi masa kepengurusan diatur periode sehingga ketika ada pengurus yang sangat paham dan mengerti akan koperasi maka jalan koperasi itupun akan berjalan dengan bagus dan apabila pengurus tidak paham dan tidak mengerti akan berjalan sebaliknya. Kepengurusan dan pengelolaan di dalam koperasi tentunya harus bagus untuk membantu mengembangkan koperasi. Cara menyelesaikan dari masalah ini adalah dengan saling membantunya diantara anggota dalam koperasi. Orang atau pengurus yang sangat mengerti dan paham akan koperasi harusnya mau mengajarkan serta meberi arahan kepada pengurus koperasi lain yang kurang paham dan kurang mengerti tersebut.
Masalah terakhir adalah di dalam koperasi, kredit macet pasti ada. Sehat dan tidaknya lembaga pembiayaan juga bergantung pada kredit macet. Jangka waktu peminjaman di koperasi ini selama 3 tahun. Didalam menyelesaikan kredit macet ini,  Koperasi diharuskan untuk berkonsentrasi, memberi pinjaman, dan menganalisa juga harus benar, bagus, dan baik. Jaminan dari sang peminjam pun harus sangat diperhatikan, karena inilah juga faktor penentu apakah peminjam dibolehkan untuk meminjam atau tidak. Apabila  ada peminjam yang telat membayar pinjamannya hal yang pertama yang dilakukan koperasi adalah dengan memberikan surat peringatan atau juga teguran kepada peminjam yang telat membayar. Apabila jalan ini tidak membantu maka jalan terakhir yang dilakukan adalah masyarakat diharuskan menjual barang yang ia punya itu sendiri dan mencari pembelinya sendir, untuk membayar pinjaman. Apabila masyarakat tidak serius, maka koperasi akan mengambil tindakan dengan menjual barang milik peminjam itu sendiri.
Setelah berbicara tentang masalah, saya juga bertanya tentang bagaimana harapan dari koperasi Swamitra ini ke depannya. Pa Taufik berkata bahwa harapan dari koperasi Swamitra ini seperti dari misi dan tujuan koperasi yaitu koperasi Swamitra ingin mensejahterakan  anggotanya, mensejahterakan masyarakat ekonomi kecil. Koperasi Swamitra juga ingin koperasi dapat berkembang kea rah yang lebih baik lagi, dengan berharap akan banyak masyarakat kecil dan usaha – usaha informal yang bisa mendapatkan fasilitas pinjaman untuk usaha mereka. Karena perekonomian di suatu Negara itu tumbuh dari berkembangnya rakyatnya.
Setelah selesai melakukan sesi pertanyaan, saya dan teman saya Restu Melina melakukan sesi foto bersama Manager yaitu Pak Taufik bersama rekan – rekan kerja di dalam koperasi tersebut. Saya sangat berterimakasih kepada Koperasi Swamitra yang bersedia dijadikan bahan penelitian saya untuk tugas softkill kali ini saya juga berterimakasih kepada Bapak Taufik yang mau meluangkan waktunya dan mau menjawab pertanyaan – pertanyaan yang saya dan rekan saya berikan. Dan saya mohon maaf apabila ada kata yang salah baik sengaja maupun tidak disengaja di dalam tugas ini.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar