Nama: Charlene
Kelas/ NPM: 2eb01/21212586
Tugas softkill kali
ini saya diberi tugas tentang apa saja masalah di dalam koperasi dan bagaimana
cara untuk menyelesaikannya. Disini saya menjadikan Koperasi Simpan Pinjam Jasa
Utama Swamitra sebagai bahan penelitian saya untuk mengetahui masalah di dalam
koperasi dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Koperasi Simpan Pinjam Jasa
Utama Swamitra ini terletak di Gedung Satria ( Golden Stick) Lantai 1, yaitu di
Jalan Akses UI No. 26 Kelapa Dua Depok. Koperasi ini buka setiap hari Senin
sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 – 17.00. Saat pertama kali saya bersama
rekan saya masuk ke dalam Koperasi ini, kami disambut dengan ramah oleh Pak Med
Taufik Syukri, beliau adalah manager di Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama
Swamitra ini. Beliau bersedia menjawab pertanyaan – pertanyaan yang kami berikan
secara mendetil dan jelas.
Koperasi Simpan
Pinjam Jasa Utama Swamitra adalah Koperasi yang bergerak dibidang usaha simpan
pinjam dan juga membantu di permodalan. Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama
Swamitra berdiri pada tahun 2009, koperasi ini bekerjasama dengan bank Bukopin.
Pusat dari Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini berada di Bekasi
tepatnya di Citragrand. Koperasi ini terdiri dari dua belas orang personil dan
menggunakan sistem online sehingga laporan bisa di printout. Koperasi ini
berbeda dengan koperasi konvensional karena koperasi ini sudah modern, tingkat
keakuratannya tinggi, valid data dan cara menemukan data – data dapat dilakukan
dengan mudah karena sistem yang modern tersebut. Susunan keanggotaan Koperasi
Simpan Pinjam jasa Utama Swamitra ini diketuai oleh Pak Zulkilfi, dan Pak Didi
sebagai sekretaris, beserta Pak Joko sebagai bendahara. Tugas dari ketua di
dalam koperasi itu sendiri yaitu memantau dan mengawasi kegiatan di dalam
koperasi. Kepengurusan di Koperasi ini hanya terdiri dari tiga orang,
dikarenakan ini sudah sistem dari Bank Bukopin. Bank Bukopin itu sebuah bank,
koperasi ini bergabung dengan perbankan sehingga tidak kerepotan dalam hal
mengurus laporan, karena sudah berbasi IT. Sasaran dari didirikannya Koperasi
Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini adalah mikro usaha kecil, yaitu membantu usaha
kecil dalam mengembangkan usahanya
terutama bagi yang kesulitan dalam hal ke perbankan. Karena kita tahu,
askes peminjaman ke bank itu sulit karena kebanyakan para pengembang usaha
kecil data karakternya informal dan legalitas usahanya tidak ada.
Berbicara mengenai
masalah di dalam koperasi, Pak Taufik memberitahu kami tentang masalah –
masalah yang sering timbul di dalam koperasi tersebut. Yang pertama didalam
pasar atau pemasaran. Dalam hal pemasaran, swamitra kurang dapat dipandang oleh
masyarakat. Masyarakat banyak yang kurang mengetahui tentang apa itu Swamitra. Dengan
masalah seperti ini Koperasi Swamitra mengatasi masalah tersebut dengan cara
melakukan marketing direct selling atau sering disebut aktif jemput bola. Masyarakat
banyak yang belum paham dan mengerti kegiatan di dalam koperasi, jadi marketing
direct selling itu bertujuan untuk mengenalkan masyarakat secara langsung
tentang apa itu koperasi dan apa saja kegiatan didalam koperasi ini. Koperasi
swamitra juga melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat untuk membantu
masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi.
Masalah lain
yang dihadapi koperasi Swamitra adalah di dalam kepengurusannya. Karena baik
atau tidaknya jalan koperasi tersebut bergantung kepada sedikit banyaknya
faktor pengurus. Tetapi masa kepengurusan diatur periode sehingga ketika ada
pengurus yang sangat paham dan mengerti akan koperasi maka jalan koperasi
itupun akan berjalan dengan bagus dan apabila pengurus tidak paham dan tidak
mengerti akan berjalan sebaliknya. Kepengurusan dan pengelolaan di dalam
koperasi tentunya harus bagus untuk membantu mengembangkan koperasi. Cara menyelesaikan
dari masalah ini adalah dengan saling membantunya diantara anggota dalam
koperasi. Orang atau pengurus yang sangat mengerti dan paham akan koperasi
harusnya mau mengajarkan serta meberi arahan kepada pengurus koperasi lain yang
kurang paham dan kurang mengerti tersebut.
Masalah terakhir
adalah di dalam koperasi, kredit macet pasti ada. Sehat dan tidaknya lembaga
pembiayaan juga bergantung pada kredit macet. Jangka waktu peminjaman di koperasi
ini selama 3 tahun. Didalam menyelesaikan kredit macet ini, Koperasi diharuskan untuk berkonsentrasi, memberi
pinjaman, dan menganalisa juga harus benar, bagus, dan baik. Jaminan dari sang
peminjam pun harus sangat diperhatikan, karena inilah juga faktor penentu
apakah peminjam dibolehkan untuk meminjam atau tidak. Apabila ada peminjam yang telat membayar pinjamannya
hal yang pertama yang dilakukan koperasi adalah dengan memberikan surat
peringatan atau juga teguran kepada peminjam yang telat membayar. Apabila jalan
ini tidak membantu maka jalan terakhir yang dilakukan adalah masyarakat
diharuskan menjual barang yang ia punya itu sendiri dan mencari pembelinya
sendir, untuk membayar pinjaman. Apabila masyarakat tidak serius, maka koperasi
akan mengambil tindakan dengan menjual barang milik peminjam itu sendiri.
Setelah berbicara
tentang masalah, saya juga bertanya tentang bagaimana harapan dari koperasi
Swamitra ini ke depannya. Pa Taufik berkata bahwa harapan dari koperasi
Swamitra ini seperti dari misi dan tujuan koperasi yaitu koperasi Swamitra ingin
mensejahterakan anggotanya,
mensejahterakan masyarakat ekonomi kecil. Koperasi Swamitra juga ingin koperasi
dapat berkembang kea rah yang lebih baik lagi, dengan berharap akan banyak
masyarakat kecil dan usaha – usaha informal yang bisa mendapatkan fasilitas
pinjaman untuk usaha mereka. Karena perekonomian di suatu Negara itu tumbuh
dari berkembangnya rakyatnya.
Setelah selesai
melakukan sesi pertanyaan, saya dan teman saya Restu Melina melakukan sesi foto
bersama Manager yaitu Pak Taufik bersama rekan – rekan kerja di dalam koperasi
tersebut. Saya sangat berterimakasih kepada Koperasi Swamitra yang bersedia
dijadikan bahan penelitian saya untuk tugas softkill kali ini saya juga
berterimakasih kepada Bapak Taufik yang mau meluangkan waktunya dan mau
menjawab pertanyaan – pertanyaan yang saya dan rekan saya berikan. Dan saya
mohon maaf apabila ada kata yang salah baik sengaja maupun tidak disengaja di
dalam tugas ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar